Exploring Kepulauan Seribu

Hohoho…. tanggal 14 November lalu gua berkesempatan mengunjungi kepulauan Seribu. Jadwal gua disana cuma 2 hari, sabtu pagi berangkat minggu sore dah sampe Jakarta lagi.

Gua berangkat bareng temen-temen kantor lama gua, tujuan kita adalah pulau Pramuka. Dari Jakarta kita bisa naik kapal dari Muara Angke. Kapal ini emang angkutan umum buat ke Pulau Pramuka. Keberangkatan kapal ke Pulau Pramuka biasanya cuma ada dua kali pemberangkatan  jam 7 pagi dan jam 2 siang. Jam 6.30 gua udah nyampe di Muara Angke. Ternyata kapal sudah mulai penuh, rame sama rombongan orang Jakarta yang mau liburan. Di atas kapal gua juga temuin beberapa reporter televisi lokal yang sedang bikin liputan tentang Kepulauan Seribu.

Untuk menepuh pulau Pramuka diperlukan 3 jam perjalan dengan menggunakan kapal ini. Lain halnya kalau menggunakan kapal boat mungkin cuma setengah jam. Gua duduk di atas atap dek kapal bersama rombongan wartawan televisi dan turis lokal yang udah siap dengan kamera SLR yang dibawanya, sibuk motretin laut, kapal lewat dan gua berharap kena dikit kepotret hahaha….

Sekitar jam setengah sebelas kapal merapat di Dermaga Pulau Pramuka. Temen gua udah menyewa satu vila atau gua menyebutnya sebagai rumah penduduk yang disewakan sebagai tempat kita beristirahat dan bermalam. Sambil menunggu makan siang gua nyempetin liat-liat sekitaran pulau, pulau ini seperti lumayan padat penduduknya. Rumah sakit pun sudah ada di pulau ini. Cuma listrik PLN belum menjangkau Pulau ini, penduduk sekitar menggunakan Genset yang beroperasi mulai jam 4 sore sampai jam 7 pagi. Setelah itu listrik di pulau ini padam.

Tujuan kita selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Air dan Semak Daun untuk snorkling. Kesana kita dapat menggunakan perahu nelayan berkekuatan sekitar 2pk yang memang disewakan oleh nelayan sekitar. Di sana kita pun dapat menyewa alat-alat snorkling seperti google,  pelampung dan kaki katak. Bahkan kalau kita mau menyelam pun disana banyak yang bisa menyewakan alat selam beserta pemandunya.

Jam 12.00 kita semua berangkat menuju Pulau Air sekitar setengah jam menggunakan perahu. Pulau ini merupakan pulau kosong yang gua denger milik salah satu pengusaha Jakarta. Pulau ini sanagt bersih dan jernih airnya, pantainya landai berwarna hijau bening sehingga kita dapat melihat sampai kedasarnya. Karen kita masih amatir dalam dunia bawah laut kita latihan dulu lah di pulau ini sebelum kita snorkling di tengah laut nanti. Kalau ke pulau ini jangan lupa nyiapin sunblock sama kacamata hitam asli panasnya terik banget. Di pulau ini banyak juga rombongan yang tadi sekapal sama kita dari Jakarta lagi snorkling di pinggir pantai.

Jam 3 an kita lanjut ke sekitaran Pulau Semak Daun, kita langsung ke tengah-tengah laut untuk snorkling. Dari sini kita bisa menyaksikan taman laut yang dipenuhi soft coral, tapi gua sarankan jangan menyentuh apapun yang kita lihat disana, bahaya binatang laut yang ga kita tahu malah bisa bikin kita cidera.

Sekitaran jam 5 kita balik ke penginapan, setelah seharian berpanas-panasan di tengah laut. Malamnya gua sempatkan buat keliling pulau, pulau ini tidak terlalu besar tapi padat dengan perumahan penduduk.

Esok harinya gua juga menyempatkan buat ke penangkaran penyu, buat yang suka kano di sana juga disediakan penyewaan kano. Foto-foto sambil menunggu kapal untuk balik ke Jakarta jam 1 siang dan berharap gua bakal ke Pulau ini lagi khusus untuk Diving.

Lets Back to Jakarta….

Advertisements

2 thoughts on “Exploring Kepulauan Seribu

  1. gw ke pulau seribu bulan kapan yah? udah 5 bulan yang lalu kayaknya, yang paling asoy snorkeling di pulau balik layar met. kalau di semak daun gak begitu bagus. yang di balik layar itu, bulu babi-nya banyak banget. sampai susah rasanya berenang. hahahah.

    kapan2 met, kita snorkeling bareng. pengen ke ujung kulon atau green canyon. mantap kayaknya tuh.

    1. hehe… di semak daun juga kadang-kadang banyak ubur-ubur nya makanya mesti hati2 juga,, iya seru tuh ke ujung kulon atau green canyon,, gua pengennya dive di karimun jawa… seru kali tuh hehe… kmaren juga nanya2 diving sama temen gua… seru kayanya…,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s