Java Rocking Land 2010

JRL 2010 hadir lagi, setelah tahun 2009 gua hadir di JRL 1. Sekitar akhir bulan Juni gua udah denger The Strokes jadi salah satu Waiting List Artis.Walhasil gua langsung Pre Order tiket 3 Days seharga Rp.230 rb (harga normalnya 700rb an) dan berharap The Strokes jadi manggung ketika itu hahaha… (niat bro.. ;p). Collective Soul juga ada di waiting list sekitar akhir bulan Juni. Walau Akhirnya mereka smua ga jadi dateng ;(, yang gua dapet informasi karena ga ada jadwal yang pas buat The Strokes main di Indonesia…

Tapi ga berselang lama gua dapet info Smashing Pumpkins yang jadi Waiting List nya, wiihhh… ini sih band Legend yang udah gua idolain sejak gua smp. Dashboard Confessional juga masuk dalam waiting list nya wuihhh makin exited hahaha…

Sebenarnya gua pengen liat artis-artis luar manggung kan jarang-jarang tuh bisa liat di Indo hehe…  List artis luar yang akhirnya main pada tanggal 8,9,10 oktober ARKARNA, DASHBOARD CONFESSIONAL, DATAROCK, DI-RECT, GALAXY 7, LIVING THINGS, MUTEMATH, NOT CALLED JINX, SOCIAL CODE, STEREOPHONICS, STEVE FISTER, Stryper, THE SMASHING PUMPKINS, THE VINES, WOLFMOTHER.

Smashing Pumpkin kebagian tanggal 8 Oktober hari Jum’at broo… wehhh abis ngantor langsung cabut kesana, nyiapin kamera buat motret disana. Nah lokasinya masih sama kaya tahun kmaren di Pantai Carnaval Ancol.

Tanggal 8 Oktober, gua dateng sekitar jam 18.00, macet banget karena gua salah ambil jalan ke Ancol nya hehe.. Pas masuk ke arena ga jauh berbeda posisi panggungnya kaya tahun lalu. Gua melewati Stage yang lagi diisi sama Pain Killer, yeah vokalisnya cakep bowww… tapi metal hahaha trus gua langsung ke Panggung Utama /Rif lagi perform disana, lampu panggung udah mulai nyala.., Ga lama gua janjian sama temen gua dan gua beranjak ke Panggung yang agak sebelah belakang Demajors, Di panggung itu Endah N Rhesa lagi perform. Trus gua berpindah panggung lagi ke Tebs Stage di sana Saint Loco lagi perform, seru aja ngeliat mereka manggung selalu energik. Crowd orang mulai rame nih. Makin malem makin banyak rocker-rocker pada seliweran hehe.

Jam 20.30  gua melipir ke Dome Stage. Disana The Brandals perform disana. Agak unik perform mereka kali ini.. pake kostum ala-ala militer dengan muka dicorat-coret bak lumpur hehe… mantapsss…

Ada perbedaan sidikit di tahun ini dengan hadirnya Area Camping Ground, wihh udah nyamain Woodstocks nih hehe..
Bagi yang mau Camping disediain area khusus yang bisa disewa, tapi ini khusus buat pembeli tiket 3 days. Cuaca nya sih agak-agak jelek ya… ujan dari hari pertama. Gua sih udah prepare payung sama plastik buat nutupin kamera. Mungkin klo yang Camping agak-agak ribet juga tuh kalo ujan.

Muter-muter bentar sekitar arena festival.. jam 21.30 gua balik ke Tebs Stage buat liat Pas Band.. Legend Indie nih wajib ditonton… meski udah sering liat tapi ga pernah bosen liat perform mereka. Meraka sempet Featuring bareng Melanie Subono juga.

Setalah Pas Band jam 23.00 panggung Utama udah mulai rame tuh… gua langsung ke tengan panggung. Tapi kebagian paling belakang. Ini yang gua tunggu-tunggu. Smashing Pumpkins, meski dikabarkan udah bubar mereka dateng ke Indonesia meski dengan personil asli nya Cuma Billy Corgan doank…. malam itu Billy Corgan [gitar, vokal], Mike Byrne [drum], Nicole Fiorentino [bass], dan Jeff Schroeder [gitar]. Personel terakhir yang henkang adalah Drumernya Jimmy Chamberlin pada Maret tahun lalu. The Smashing Pumpkins langsung membuka pertunjukan dengan hits terbesarnya, “Today”. Hingar bingarrrr… ga bisa bilang apa-apa lagi…. keren banget.. panggung nya minimalis dengan dua buah kincir di kanan kirinya.  Setelah Today lagu yang dibawain Astral Planes, Ava Adore, A Song For A Son, Eye, Bullet With A Butterfly Wings. Stage malem itu keren bahkan ada cewek yang sampe ngelempar kaosnya ke atas panggung dan Cuma pake bra doank.. edannn.. , bebrapa atraktsi riff-riff guitar dimainkan oleh Billy Corgan ditengan-tengan pertunjukan… kemudian Tonight, Tonight yang menjadi lagu berikutnya disambung Stand Inside Your Love dan Tarantula. Setelah itu, tanpa bicara sesuatu apapun, Billy Corgan dkk langsung mundur meninggalkan panggung. Gua pikir ini biasa kaya konser-konser lainnya menuju Encore, yah jadi gua masih stay aja ditempat. Memang ini sudah waktunya untuk encore. “We want more! We want more! We want more!”. Anjriittttt… Kru-kru langsung naik ke panggung dan memberskan Drumset… haaaaahhh It’s The End… mampus lo… 1979 yang gua harepin dibawain ga dibawain… edan… buat Band Selegend itumungkin  gua harus menerima kegokilan Billy Corgan. Banyak yang bilang konser ini anti Klimaks.. tapi yah mungkin memang bisa aja diluar ekspetasi kita… tapi ini konser yang keren menurut gua, konser keren buat pemuja Smashing Pumpkins di negeri ini.

Tanggal 9 Oktober. Ini hari kedua JRL, meski  gua udah wanti-wanti buat jaga kondisi kesehatan, tapi hari itu kayanya badan gua pegel, kondisi cuaca hari sabtu ga jauh beda sama kaya hari jum’at mendung dan gerimis, paling ga enak kalo nonton festival musik outdoor di tengah cuaca hujan gini. Masalah nya bakalan becek tuh arena. Beberapa orang bahkan gua liat menggunakan sepatu boots anti air buat nonton heheehe… bela-belain bro..

Gua dateng ke venue sekitar jam 17.30 masih sore menjelang malam lah, target gua buat hari itu The Sigit sama Dashboard Confessional, yang lain bonus lah hehe..  Sekitar jam 18.00 Slank udah mulai perform di stage utama sambil muter-muter dan ngisi perut dulu.

Pukul 19.15 The Sigit mulai naik ke Stage, agak gerimis malam itu, tapi bela-belain deh.. sambil megang kamera gua coba sedikit maju kedepan, teriakan SIGIT.. SIGIT!!! Wah bikin tambah semangat. Black Amplifier dan beberapa lagu hits nya dengan mantap dibawain, bahan Rekti stagedive dibarisan penonton mantapsss… dengan rambut gondrongnya, tahun lalu gua nonton Farri sang gitaris rambutnya yang masih gondrong, skarang udah pendek Cuma rekti aja yang makin gondrong.

Pukul 20.30 saatnya Dashboard Confessional yang perform di stage utama. Gila tiap tahun gua bisa liat band-band dashyat kaya gini bersyukur banget gua… bener-bener ga kebayang kalo gua bener-bener bisa nonton konser di luar negeri kaya woodstock, rock am ring dsb. Mereka membawakan lagu-lagu hits mereka seperti vindicated dll.

Setelah Dashboard gua nyempetin ke Segara Stage janjian sama temen gua disana. Disana ada Oppie Andaresta & BOP lagi perform, Segara Stage ini merupakan tempat yang paling Cozy menurut gua. Tempatnya kaya cafe dan kita bisa duduk –duduk diatas rumput. Setelah nonton arkarna gua sempetin balik ke Stage ini lagi buat liat Kikan & Female Stars – Tribute to Alanis & the Cranberries.

Wah ini keren banget perform pertama yang gua liat setelah Kikan lepas dari Cokelat. Kikan sempet kolaborasi bareng Melanie Subono dan Endah juga. Setelah ini gua sempetin juga ke panggung utama buat liat Steroephonic meski ga ampe abis karena gua udah cape banget malam itu.

Kepikiran juga buat dateng besoknya buat nonton The Vines, Cuma ada temen gua yang nikahan kebetulan tanggal 10 oktober itu tanggal keramat kali buat nikah 101010 Hehe 😉

 

Foto hasil Jepretan gua : http://www.flickr.com/photos/mametrockafella/sets/72157625201571636/

Advertisements

2 thoughts on “Java Rocking Land 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s