Error Mounting

Wooosaaa…. leptop gua mati tiba2… CRASH!!… anjritt.. bikin panik aja… :C nya ga bisa kebuka…,, Kebetulan gua dual boot Windows sama Ubuntu, biasanya sih gua santai2 aja klo pake Ubuntu klo CRASH masih bisa masuk lewat Live CD atau Dual booting nya Ubuntu.

Pas gua masuk sistem :C lewat Ubuntu gini nih.. Sistem Windows nya Corrupt… jadi pas booting selalu gagal masuk Windows…

Unable to mount 105 GB Filesystem

Error mounting: mount exited with exit code 13: $MFTMirr does not match $MFT (record 0).
Failed to mount ‘/dev/sda2’: Input/output error
NTFS is either inconsistent, or there is a hardware fault, or it’s a
SoftRAID/FakeRAID hardware. In the first case run chkdsk /f on Windows
then reboot into Windows twice. The usage of the /f parameter is very
important! If the device is a SoftRAID/FakeRAID then first activate
it and mount a different device under the /dev/mapper/ directory, (e.g.
/dev/mapper/nvidia_eahaabcc1). Please see the ‘dmraid’ documentation
for more details.

Tanya-tanya om Google , masuk lewat live cd ubuntu atau dual boot.. trus jalanin terminal…

  • sudo apt-get install ntfsprogs

root@mamet-laptop:/home/mamet# sudo apt-get install ntfsprogs
Reading package lists… Done
Building dependency tree
Reading state information… Done
ntfsprogs is already the newest version.
0 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 0 not upgraded.

  • sudo ntfsfix /dev/sdXY

root@mamet-laptop:/home/mamet# sudo ntfsfix /dev/sdXY
Failed to determine whether /dev/sdXY is mounted: No such file or directory.
Mounting volume… Error opening partition device: No such file or directory.
Failed to startup volume: No such file or directory.
FAILED
Attempting to correct errors… Error opening partition device: No such file or directory.
FAILED
Failed to startup volume: No such file or directory.
Volume is corrupt. You should run chkdsk.

  • sudo ntfsfix /dev/sda2

root@mamet-laptop:/home/mamet# sudo ntfsfix /dev/sda2
Mounting volume… FAILED
Attempting to correct errors…
Processing $MFT and $MFTMirr…
Reading $MFT… OK
Reading $MFTMirr… OK
Comparing $MFTMirr to $MFT… FAILED
Correcting differences in $MFTMirr record 0…OK
Correcting differences in $MFTMirr record 1…OK
Correcting differences in $MFTMirr record 2…OK
Processing of $MFT and $MFTMirr completed successfully.
Setting required flags on partition… OK
Going to empty the journal ($LogFile)… OK
NTFS volume version is 3.1.
NTFS partition /dev/sda2 was processed successfully.

Yaa.. seengaknya masih bisa selametin datanya dulu yaa… hahaa… baru ngebantai si Windows… :p

Itu masih blom selesai… pas lagi proses backup data tiba2 leptop gua mati.. alhasil hardsik eksternal gua ikutan error, sadisss… edannnn… How to Back My Data… di hardisk ekternal itu semua data2 penting gua… ini emang leptop gua udh uzur kali udah ga bisa diajakin tempur.. gua utak-atik tetep ga balik tuh data ada 2 hari. Akhirnya software Recovery Data gua pake sebagai pamungkas. Ada 2 aplikasi yg gua coba Recuva sama GetDataBack… setelah scanning hardisk eksternal 1 Tera selama 2 hari, percobaan pertama gagal.. tiba2 programnya close dengan sendirinya. Gua scan lagi 1 hari akhirnya data gua balik lagi… horeyyyyy…. 🙂

Kalo pas ngopy data gede pastiin hardware lo bener2 tangguh deh kalo ga.. resiko keilangan data ntar hehe….

 

Paralayang

Sekitar bulan maret 2011 ini gua nyobain Paralayang di Puncak, tepatnya di Bukit Paralayang. Awalnya sih emang iseng, gua yang doyan adventure dan nyobain hal yang baru. Browsing lah gua di internet… hari sabtu pagi berangkatlah gua sama 2 orang temen yang juga minat buat terjun ber paralayang :),, kebetulan gua naik motor Puncak… haha baru kali ini gua ke puncak naik motor…

Sekitar jam 9 pagi gua udah nyampe di Puncak, Bukit Paralayang ada di Puncak Pass, ga jauh dari Masjid At-Ta’awun ada plang yang ngarahin buat ke Bukit Paralayang. Sampe disana gua sempetin foto2 dulu hahaha… emang ga bisa jauh dari kamera… , trus liat2 beberapa master Paralayang udah mulai terbang. Gua nanya2 tentang biaya buat sekali terbang itu Biaya untuk 1 orang peserta = Rp 300.000,- Biaya untuk grup 5 orang = Rp 275.000,- / orang ,Biaya untuk grup > 5 orang = Rp 250.000,- / orang.

Sebelum terbang kita diharuskan ngisi form Data diri kita sama form pernyataan, yang menyatakan bahwa kami siap menerima segala konsekuensi dengan ikutnya kami sebagai penumpang tandem. Cuaca hari itu kebetulan lumayan bagus, cuacanya cerah. Jadi gua udah bisa langsung terbang tandem saat itu juga. Gua juga sempetin buat ngerekam pengalaman terbang gua sama kamera gua. Ternyata diatas tu menyenangkan banget, ga ada sama sekali perasaan takut karena ketinggian. Sekitar 10 menitan di udara… ya kalo dipikir2 cepet juga.. cuma sensasi nya luar biasa lah…

Setelah mendarat di sebuah lapangan kosong kita dianter lagi ketempat semula naik angkot. Sampe atas gua sempet ketemu sama  Opa David –yang terkenal sebagai Opa Paralayang Indonesia– yaitu salah seorang pelopor olahraga paralayang atau paragliding di Indonesia. Sedikit ngobrol2 tentang olahraga ini yang bisa bikin kita ketagihan katanya 🙂